Senin, 19 Juli 2010

CARA MENENTUKA N ARAH KIBLAT YANG BENAR


Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan arah kiblat di Indonesia adalah barat laut. "Secara hitung-hitungan sudut, sejak dulu kita menetapkan arah barat dengan serong sedikit."Kiblat bukan di barat, tetapi di barat laut. Dari arah barat lurus bergeser sedikit ke utara kira-kira antara 20-25 derajat,"

penetapan arah barat laut sebagai arah kiblat didasarkan pada serangkaian hasil penelitian yang menyatakan bahwa letak geografis Indonesia tidak persis berada di timur Masjidilharam. Tapi agak ke selatan.Namun demikian, lanjutnya, untuk meluruskan arah kiblat tidak harus dilakukan pembongkaran masjid atau mushala, cukup shaf atau barisannya saja yang digeser."Pengelola masjid cukup menggeser arah sajadah saja, arah barisan salatnya.."Untuk ibadah, kita pun tetap sah hanya tegantung niat dan tujuan kita saja,"  Ini kan tidak harus lurus dengan tembok, kalau memang temboknya tidak lurus kiblat,"



dan majlis ahbabul mustofa ini tidak  ada masalah kalau menentukan arah kiblat .cukup geser aja sedikit,ke arah barat laut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar